Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 15 September 2014

ILMU DAKWAH



MAKALAH

FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KEGIATAN DAKWAH





Di Susun
O
L
E
H
RAMADHAN
12.4.10.0412




INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) PALU
TAHUN AKADEMIK 2013/2014


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Sesungguhnya dakwah adalah tugas yang amat mulia. Tugas warisan para Nabi dan Rasul. Allah Swt. menegaskan bahwa tidak ada perkataan yang lebih baik dari pada menyeru ke jalan Allah Swt.
Allah berfirman :
“Siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang berdakwah kepada Allah, mengerjakan amal shalih dan berkata : sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri” (QS. Fushillat : 33).
Orientasi dakwah para rasul adalah taqwa. Setiap rasul mengajak kaumnya agar bertaqwa. Dakwah menuju ketaqwaan tentu saja akan mendapatkan sambutan, baik dari orang orang yang menjaga kesucian fitrahnya dan yang menghormati akalnya. Tapi jangan lupa, sebanyak-banyaknya orang yang menyambut dakwah kepada ketaqwaan lebih banyak lagi yang menentangnya. Orang-orang yang menentang dakwah akan berusaha terus menerus untuk mengagalkannya dengan segala macam cara, baik dengan cara yang halus maupun cara yang kasar. Baik dengan bujukan, rayuan, iming-iming, dan segala macam kesenangan duniawi lainnya, maupun dengan ancaman, tekanan, siksaan dan tindakan kekerasan lainnya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Faktor Pendukung Kegiatan Dakwah?
2.      Faktor Penghambat Kegiatan Dakwah?






BAB II
 PEMBAHASAN

A.    FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEGIATAN DAKWAH
Menurut Cahyadi Kurniawan dalam bukunya mengatakan bahwa jalan dakwah adalah jalan yang amat panjang dan tak terkira kesulitannya. Sebab itu, para Da’i yang akan melintasi jalan ini harus mempersiapkan segalanya secara proporsional. Dan tak bisa dipungkiri pula, persiapan-persiapan tersebut diperlukan oleh seorang Da’i dengan bersifat madal hayah, yang berarti seumur hidup. Sebab kewajiban berdakwah berlaku selama itu pula. Tarbiyah Islamiyah merupakan salah satu kata kunci dalam upaya persiapan dakwah. Gerakan dakwah tak bias dilepaskan dari upaya pembinaan yang continue.
Adapun persiapan/faktor diri dari seorang Da’i meliputi lima cakupan, yaitu :
1.      Persiapan Ruhiyah(Spiritual)
Aqidah merupakan pondasi kehidupan mukmin. Takaran kekuatan ruhiyah seseorang ditentukan oleh tancapan aqidah yang melekat dihatinya. Bisa kita pahami, jika tarbiyah generasi awal Islam bermula dari penanaman aqidah dalam hati. Ini merupakan rahasia kekuatan Islam, pada saat iman mulai tumbuh dan berkembang dalam pribadi mukmin, detik itu pula muncul sosok jiwa yang siap mati dijalan Allah Swt. Rasulullah Saw menyiapkan generasi awal Islam lewat tarbiyah ruhiyah yang mantap. Turunnya surah al-muzammil pada awal periode Mekkah mengisyaratkan betapa kuatnya persiapan tarbiyah ruhiyah pada saat itu. Setelah mengokohkan aqidah, proses pembersihan jiwa berjalan efektif. Disinilah rahasia tarbiyah ruhiyah fase Mekkah, ebagaimana dalam surah al-muzammil ayat 1-4 yang artinya :
Hai orang-orang yang berselimut! Bangunlah (untuk shalat) dimalam hari, kecuali sedikit darinya.
Jika kita perhatikan ayat diatas, tampak ada beberapa tonggak dalam upaya mempersiapkan kekuatan ruhiyah seorang Da’i, yakni :
a.       Qiyamullail
Banyak keterangan yang menyebutkan keutamaan shalat malam akan makin menyadarkan kita bahwa aktivitas ini memiliki peranan yang penting dalam kehidupan seorang Da’i. Ciri orang yang bertaqwa dikaitkan dengan sedikitnya tidur diwaktu malam, sebab ibadah malam telah dijadikan bagian dari hidupnya.
“Mereka sedikit tidur diwaktu malam, dan diakhi rmalam mereka memohon ampun (kepada Allah)” (QS. Adz-Dzariyat : 17-18).
Waktu malam dipilih oleh Allah karena disaat itu hati menjadi khusyuk, merasakan kelemahan di hadapan sang Khaliq. Pada waktu itu kebanyakan orang tertidur pulas, disitulah manusia merasakan kesendirian berbincang dengan penguasa alam semesta, lewat sujud-sujud panjang dan do’a-do’a yang dipanjatkan dari kedalaman hati seorang hamba yang lemah.
b.      Tilawah Qur’an
Generasi awal memberikan keteladanan yang sempurna dalam berhadapan dengan Al-Qur’an. Ketika kita membaca Al-Qur’an maka kita akan merasa lebih dekat dengan Allah, demikian selayaknya para Da’i dalam membenahi kepribadiannya berdasarkan Al-Qur’an. Dirinya diterangi cahaya Al-Qur’an, sehingga ia dapat menerangi dunia, dengan kepribadiannya yang agung.
c.       Dzikrullah
Dzikrullah ternyata merupakan metode ruhiyah yang paling mengena. Karena kemenangan perjuangan Da’I ditentukan oleh factor dzikir sehingga senantiasa bibir para Da’i basah dengan dzikir, dalam setiap aktivitas kehidupan, dalam rangka mencapai sukses perjuangan. Pengaruh dzikrullah adalah ketentraman hati. Para Da’i yang senantiasa berdzikir kepada Allah Swt. tak akan sekali-kali mearasa cemas dan khawatir, senantiasa tenang dalam kondisi apapun. Sebaliknya orang yang tak pernah berdzikir, hatinya akan semakin mengeras seperti mayat, sebab ruhiyahnya telah mati. Dengan demikian, bagi para Da’i dzikir merupakan keharusan untuk kematangan pribadinya, sekaligus meraih sukses dalam medan dakwah.
2.      Persiapan Karakter
Da’i harus memiliki karakter yang kuat dan jelas. Mereka adalah panutan umat. Setiap gerakan langkah, tutur kata, perilaku dan kehidupan kesehariannya senantiasa diperhatikan oleh umat. Secara umum, persiapan karakterbagi diri dilakukan dengan proses tarbiyah islamiyah yang kontinue. Ada beberapa tujuan pokok dalam proses tarbiyah ini, yaitu :
a.       Membentuk konsep islam secara gambling.
Maksudnya adalah seorang Da’i harus memiliki penggambaran islam yang shahih (valid) dan menyeluruh. Dengan begitu nilai islam akan tersampaikan secara jelas dan membuat umat memiliki penggambaran yang benar pula tentang Islam.
b.      Membentuk kpribadian Islam
Kepribadian Islam merupakan penampakan luar seorang muslim. Maka kepribadian Islam ini hanya akan ditemukan dalam sosok kepribadian yang diantaranya : kpribadian yang bersih aqidahnya, benar dalam ibadah, agung dalam akhlak, kuat fisiknya, cerdas akalnya dan berfanfaat bagi umat.
c.       Menciptakan kebersamaan
Termasuk dalam upaya persiapan adalah perlunya mewujudkan suasana kebersamaan. Bagaimanapun, dakwah dalam sebuah sistem amal jama’i lebih efektif dibandingkan dengan dakwah fardiyah, yang dilakukan perorangan tanpa terkoordinasi dengan baik. Karena bagaimanapun beban dakwah fardiyah itu lebih berat dibandingkan dengan amal jama’i, maka disinilah pentingnya kebersamaan dalam menjalankan amanah dakwah.
3.      Persiapan Tsaqofah (Intelektual)
Tidak cukup hanya persiapan ruhiyah dan karakter, para Da’i semestinya juga mempersiapkan diri dalam hal intelektualitas. Banyak hal yang harus diketahui para Da’i, mengingat kemajuan di bidang sains dan teknologi yang sedemikian pesatnya. Sosok Da’i bukanlah orang yang terbelakang dalam ilmu pengetahuan modern dan teknologi serta perkembangan politik internasional. Namun, bukan berarti seorang Da’i harus menghabiskan waktu untuk menekuni perkembangan sains dan teknologi. Yang pling penting adalah menempatkan keilmuan yang dibutuhkan secara proporsional.
Bagi setiap Da’i yang memiliki tugas untuk melakukan dakwah, memang memerlukan kecerdasan dan pemahaman akan ilmu-ilmu, baik qauliyah maupun kauniyah. Tanpa itu, tentu akan mendapatkan kesulitan dalam meyakinkan orang lain, bahkan dakwah yang disampaikan kehilangan kualitas.
Minimal ada tiga macam keilmuan yang diperlukan Da’i untuk dirinya sendiri dan orang lain dalam dakwahnya :
a.  Pengetahuan Islam secara lengkap
b. Pengetahuan modern
c.  Pengetahuan keahlian
4.      Persiapan Jasadiyah
Persiapan jasadiyah ini ternyata merupakan bagian integral dari keseluruhan persiapan yang mesti dilakukan oleh para Da’i. Akan menjadi kendala dakwah, mana kala para Da’i lemah fisik sehingga sering terserang penyakit, baik ringan maupun kronis. Bagi setiap Da’i hendaknya melakukan penjagaan kesehatan yang teratur. Hal ini bias dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang halal dan thayib, menjauhkan diri dari semua makanan yang merusak badan. Dan hendaknya juga rajin melakukan olahraga. Dengan demikian, beberapa persiapan tersebut dilakukan oleh para Da’i secara terus-menerus, untuk menjaga orisinalitas dakwah Islam.
5.      Persiapan Maliyah (Materi)
Materi bukanlah segalanya akan tetapi ia merupakan hal yang diperlukan bagi kelangsungan dakwah, baik dalam skala individual maupun kolektif. Setiap langkah dakwah pasti membutuhkan materi, baik berupa uang yang terlihat, ataupun berbentuk perbekalan yang tak terlihat secara langsung. Contohnya, seorang Da’i yang bertugas dalam dakwah ditengah masyarakat membutukan sarana transportasi yang berarti memerlukan bahan bakar dan biaya perawatan lainnya. Berbagai sarana penunjang kebaikan Da’i dan dakwah juga berhubungan langsung dengan materi (uang). Ketika Da’i memerlukan tambahan informasi dan pengetahuan setiap harinya, maka ia perlu mengakses berita lewat media massa, baik lewat radio, Koran harian, tabloid, televisi dan internet. Keseluruhannya memerlukan dana dan pengadaan dan perawatan untuk memperlancar komunikasi. Da’I memerlukan telepon genggam (hp) yang sudah pasti memerlukan dana rutin. Pendek kata, materi tidak dapat dipungkiri merupakan kebutuhan bagi kelangsungan dan kelancaran dakwah.

B.     FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT DAKWAH
1.      Problematika Internal Aktivis Dakwah
Pembahasan problematika internal lebih didahulukan dari pada pembahasan problematika eksternal karena problem terberat bagi semua jamaah dakwah adalah kendala internal. Ketika problematika internal sudah diselesaikan/dikelola dengan baik, maka amanah dakwah lebih mudah ditunaikan dan problematika eksternal lebih mudah diselesaikan. Problematika internal yang sering dijumpai dalam jamaah dakwah, diantaranya :
a.       Gejolak kejiwaan
Gejolak kejiwaan sebenarnya merupakan persoalan yang dimiliki oleh semua manusia biasa. Gejolak ini tidak bisa dimatikan sama sekali, tetapi perlu dikelola dengan baik agar tidak merugikan dakwah dan aktivis dakwah.
Diantara gejolak kejiwaan itu adalah :
1)      Gejolak Syahwat. Banyak orang yang terpeleset oleh gejolak ketertarikan pada lawan jenis ini. Bagi mereka yang belum menikah, gejolak ini biasanya lebih besar dan lebih berpeluang menggoda.
2)      Gejolak Amarah. Seperti kisah Khalid saat menghadapi Jahdam dan pemuka Bani Jazimah, gejolak amarah ini bisa berakibat fatal termasuk bagi citra dakwah. Hubungan antar aktivis dakwah dan terjadinya fitnah diantara kaum muslimin.
3)      Gejolak Heroisme. Semangat heroism memang bagus dan sangat perlu. Tetapi ketika sudah tidak proporsional, ia akan mendatangkan sikap ekstrem yang berbahaya bagi kemaslahatan dakwah dan umat. Kasus pembunuhan terhadap Nuhaik yang dilakukan Usamah bin Zaidadalah contohnya.
4)      Gejolak Kecemburuan. Seperti kecemburuan Anshar pada para muallaf yang mendapatkan hamper semua ghanimah perang Hunain, sikap ini bisa berefek pada melemahnya solidalitas internal jamaah. Meskipun ysng dicemburui oleh Anshar sebenarnya adalah perhatian Rasulullah bukan materi Ghanimahnya, gejolak ini segera diselesaikan Rasulullah karena jika dibiarkan bisa berdampak negative.
b.      Ketidakseimbangan aktivitas
Ketidakseimbangan aktivitas juga dapat menimbulkan problematika tersendiri. Ketidakseimbangan antara aktivitas ruhiyah dengan lapangan, ketidakseimbangan antara dakwah didalam dan luar rumah tangga, ketidakseimbangan antara aktivitas pribadi dengan organisasi, ketidakseimbangan antara amal tarbawi dengan amal siyasi, ketidakseimbangan antara perhatian aspek kualitas dengan kuantitas SDM, semua bisa berakibat negatif. Tawazum atau keseimbangan merupakan asas kehidupan, juga harus dipraktekkan dalam kehidupan berjamaah dan oleh semua aktivis dakwah.
c.       Latar belakang dan masa lalu
Latar belakang dan masa lalu aktivis dakwah yang buruk bisa pula menjadi problematika internal dakwah jika tidak dilakukan langkah-langkah solutif. Latar belakang keagamaan keluarga, misalnya. Ia bisa berbentuk lemahnya intelektualitas Islam, tekanan keluarga yang menentang aktivis dakwah, dan kerancuan dalam orientasi kehidupan. Sedangkan masa lalu yang jahiliyah bisa membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi kredibiitas sang aktivis dakwah. Solusi atas problem ini terangkum dalam kata mujahadah. Bagaimana seorang aktivis melakukan muhasabah, menyadari kelemahannya dan melakukan perbaikan diri. Masa lalu memang tidak bisa diubah, tetapi pengaruhnya bisa dikendalikan.
d.      Penyesuaian diri
Yakni penyesuaian diri terhadap karakteristik pendekatan dan sikap dakwah yang melekat pada masing-masing marhalah dan orbit dakwah. Sebagaimana corak dakwah yang berbeda antara fase Makkiyah dan Madaniyah, bahkan Masasiriyah dan Jahriyah pada fase Mekkah yang juga berbeda, dakwah masa kini juga mengalami hal yang sama ada tahap-tahapnya. Antara mihwar thanzimi yang berkonsentrasi pada konsolidasi internal dan mihwar muassasi yang konsen pada perjuangan politik membuat beberapa kader dakwah tidak mampu menyesuaian diri. Hambatannya bisa karena sifat kelambanan kemanusiaan, kecenderungan jiwa, keterbatasan dan perbedaan tsaqafah, sampai keterbatasan kapasitas. Untuk mengatasi problem ini dibutuhkan peran kelembagaan dakwah. Jamaah dakwah perlu melakukan persiapan perubahan fase dakwah, mensosialisasikan cara pandang yang disepakati tentang batas-batas pengembangan dakwah sehingga jelas mana yang termasuk pengembangan (tathwir) dan mana yang termasuk penyimpangan (inhiraf). Jamaah dakwah juga harus mendefinisikan mana yang sholah dan tsawabit, serta mana yang mutaghayyirat.
e.       Friksi internal
Friksi ini bisa timbul dari lingkungan yang kecil seperti intern sebuah lembaga dakwah, atau antar lembaga, atau personal pendukung dakwah. Banyak gerakan yang harus tutup usia dan kini tinggal nama karena problematika ini. Friksi dalam sejarah dakwah memberi beberapa pelajaran penting bagi kita, bahwa friksi merupakan indikasi kelemahan proses tarbiyah, friksi menandakan adanya kelemahan dalam penjagaan diri para aktivis dakwah, restrukturiasi dakwah tepat dilakukan terhadap orang-orang yang telah memahami karakter dakwah itu sendiri. Friksi juga bukti keberadaan ego manusia, penumbuhan al-wa’yul Islami (kesadaran berislam) dan al-wa’yu ad-da’awi (kesadaran dakwah) lebih utama dibandingkan sekedar meletupkan hamasah (semangat) bergerak, dan sangat mungkin friksi timbul karena hadirnya pihak ketiga yang sengaja memecah jamaah.
2.      Problematika Eksternal Dakwah
Problematika eksternal dakwah yang bisa menjadi bahaya besar bagi kebaikan bangsa dan masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam meliputi problematika spiritual dan cultural, problematika moral, dan problematika sistemik.
Di antara problematika dakwah di Indonesia yang menyangkut aspek spiritual dan cultural adalah : berhala-berhala modern baik berupa teknologi yang dijadikan rujukan kebenaran, sains yang diabsolutkan, materi yang ditaati, maupun kekuasaan yang dipuja-puja, syirik, khurafat, dan tahayul yang masih merebak di masyarakat, globalisasi dan dialektika cultural, serta tradisi baik yang telah tergerus dan tergantikan dengan budaya negatif efek perkembangan peradaban.
Problematika moral diantaranya adalah minuman keras dan penyalahgunaan obat-obatan, penyelewengan seksual, perjudian dan penipuan serta tindakan brutal dan kekerasan. Sedangkan yang dimaksudkan dengan problematika sistemik adalah korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), kemiskinan, kebodohan, dan ancaman disintegrasi bangsa.
























BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Orientasi dakwah pada Rasul adalah taqwa. Setiap Rasul mengajak kaumnya agar bertaqwa. Dakwah menuju ketaqwaan tentu saja akan mendapatkan sambutan, baik dari orang-orang yang menjaga kesucian fitrahnya dan yang menghormati akalnya. Api jangan lupa, sebanyak-banyaknya orang yang menyambut dakwah kepada ketaqwaan lebih banyak lagi yang menentangnya.
Adapun faktor pendukug kegiatan dakwah diantaranya :  persiapan ruhiyah(spiritual), persiapan karakter, persiapan tsaqofah (intelektual), persiapan jasadiyah, dan persiapan maliyah (Materi). Sedangkan faktor penghambat kegiatan dibagi menjadi dua yaitu : problematika internal aktivis dakwah dan problematika eksternal dakwah.

B.     Saran
Demikian pembahasan dari makalah kami.Kami berharap semoga pembahasan dalam makalah ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca.Dan kami pun berharap pula kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan dalam tugas kami selanjutnya.Sekian dan terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates